UPC adalah organisasi non-pemerintah yang bekerja bersama komunitas marjinal perkotaan dengan pendekatan holistik dan partisipatoris dan menempatkan kepentingan rakyat sebagai prioritas utama. Karenanya, masyarakat marjinal perkotaan adalah subyek dan stakeholder utama yang memiliki akses dan kontrol atas semua kegiatan yang dilaksanakan.

VISI :
Urban Poor Consortium (UPC) mencitakan rakyat yang berdaulat, mandiri, arif dan kreatif, mampu memecahkan masalah kemiskinan majemuknya, memenuhi kebutuhan praktis dan strategisnya dan menentukan nasib serta masa depan diri dan komunitasnya.

STRATEGI DAN PROGRAM :
UPC menumpukan geraknya pada penumbuhan kesadaran kritis rakyat melalui penyebar-luasan informasi. UPC percaya bahwa informasi yang akurat dan relevan mampu mendorong orang untuk bertindak sendiri atau secara kolektif untuk mengubah realitas yang tidak adil dan menindas. Tindakan kolektif, khususnya, membuka ruang kesadaran politis dan kehendak untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan publik. Gerak semacam ini pada prosesnya akan menumbuhkan kegiatan-kegiatan rakyat yang terorganisasi baik dan kuat, yang berfungsi menghimpun energi kreatif dan mengukuhkan ikatan sosial kelompok untuk mewujudkan kehidupan sosial yang adil dan demokratis.

UPC mewujudkan strategi di atas melalui kegiatan penyebarluasan informasi dan penumbuhan media ekspresi rakyat dengan sarana multimedia; advokasi; penumbuhan organisasi tingkat basis; pengembangan jaringan kerja antar kampung miskin dan kelompok-kelompok rakyat miskin kota; dan pemenuhan kebutuhan praktis komunitas seperti kegiatan ekonomi, kesehatan, pendidikan dan perbaikan permukiman.

ORGANISASI :
UPC adalah forum kerja dengan pengorganisasian yang lentur dan terbuka. Forum anggota merupakan badan pengambil keputusan tertinggi. Pelaksanaan program melibatkan para anggota sesuai keahliannya, dan dikoordinasikan oleh Sekretariat.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s